Kamis, 06 Desember 2012

cikuray

Perjalanan kali ini adalah pendakian ke salah satu gunung di Kota Garut yaitu Gunung Cikuray dengan ketinggian 2.818 dengan Itinerary kurang lebih kayak gini :
26 Oktober 2012 pada pukul 09.00 Rencana naik Bus dari terminal lebak bulus. tapi karena saat itu adalah bertepatan dengan libur panjang, maka calon penumpang di lebak bulus khususnya jurusan Garut sangat padat dan berebutan. bagi rekan-rekan yang mau berlibur pada hari libur panjang, sebaiknya perhitungkan tentang ini juga. tanpa berfikir panjang, kami pindah haluan. naik angkot ke arah Cawang, dimana di Cawang ada Pull bus ke arah Bandung, Tasik dan Garut.
16.30                : sampe di Terminal Guntur Kota Garut. (Ongkos Rp. 35.000)
16.30 - 18.30     : Term Guntur - Cilawu
dari term Guntur menuju Cilawu dengan menggunakan angkot, minta                               turunkan di portal pintu perkebunan Dayeuh Manggung. ongkos Rp.5.000

ini adalah portal yang berada di daerah Cilawu. setelah kita sampai disini, tukang ojek siap menyambut. jalan kaki juga boleh, bahkan lebih bagus. berarti pendaki sejati !! (ga selingkuh ma ojek)

ini adalah transportasi ojek yang digunakan dari portal sampai tower pemancar televisi. jalur pertama kali adalahh aspal, setelah mulai masuk perkebunan teh, jalur agak berbatu. namun pemandangan yang disuguhkan selama naik ojek lumayan menarik. di kiri kanan kita adalah hamparan kebun teh dan didepan kita tampak gunung cikuray  menjulang tinggi.
19.00                :  Tower stasiun pemancar televisi
dari portal/pintu perkebunan Dayeuh Manggung menuju tower dengan                               menggunakan ojek, ongkosnya Rp. 30.000.
setelah sampai di tower, dimana tower ini adalah awal start pendakian. kami langsung mendirikan tenda dan dilanjutkan acara masak...
27 Oktober 2012 pukul 07.00 kami mulai pendakian dengan melewati perkebunan teh, setelah beberapa menit pintu hutan mulai terlihat.

karena sudah lama tidak mendaki, rasanya berat sekali menggendong ransel ini, tpi tak lama kemudian pos II kami capai pada pukul 08.30. ini adalah pertama kali kami minum air yang kami bawa dari bawah. oh iya yang perlu diketahui bahwa pendakian Gunung Cikuray yang paling utama adalah air. karena di gunung ini tidak menyediakan air.. air yang kami minum rasanya sangat sejuk banget, biasa kulkas alami. kami lanjutkan perjalanan, setelah beberapa jam berlalu, tubuh kita ini terasa semakin ringan, entah kenapa. tanpa disadari, sampai kita di pos VI pada pukul 10.30, pos ini disebut dengan puncak bayangan, karena di pos ini  dengan bentuk punggungan yang dimiliki pos VI seakan-akan kita sudah berada di puncak.

ini adalah medan yang dilalui menuju puncak
pada pukul 13.00 sampai lah kita di puncak sebenarnya. pendakian cikuray ini rata-rata waktu tempuh dari tower sampai puncak adalah 8 jam, namun entah kenapa. kita walau dah ga remaja lagi, tapi bisa menempuh dalam 6 jam.

pemandangan di puncak belum terlihat jelas karena lokasi tertutup oleh kabut.
setelah keesokan harinya

rupanya keesokan harinya Gunung Cikuray memberikan kepada kami pemandangan yang menajubkan, diJakarta kita tidak bisa menikmati udara sejuk dan pemandangan yang seperti disuguhkan oleh Gunung Cikuray ini.

28 Oktober 2012 pukul 08.00 setelah sarapan kami berangkat turun gunung
09.40  sampai di tower pemancar televisi. setelah itu Ojek lanjutkan perjuangan !!